Mengganti Nama File Secara Massal di Desktop XFCE

Manajer file Thunar di lingkungan desktop XFCE memiliki fitur bulk rename untuk mengganti nama beberapa file secara massal.

Di Ubuntu / Xubuntu, peralatan ini bisa diakses melalui menu Accessories > Bulk Rename, atau bisa juga melalui Thunar dengan memilih file-file yang akan diganti namanya (dengan menggunakan Shift+klik atau Ctrl+klik), kemudian klik kanan dan pilih Rename.

Saya menggunakan cara yang kedua untuk mengganti nama beberapa buku terbitan Maker Media dalam format PDF. Saya ingin mengganti tanda “:” menjadi “-“. Setelah melakukan Select All dan klik kanan, saya memilih menu Rename.

Ada beberapa pilihan cara melakukan penggantian nama, di antaranya dengan menggunakan Audio Tags untuk file audio, dengan menambahkan waktu/tanggal, menambahkan nomor, dan menambahkan/menghapus/mengganti karakter.

Saya memilih opsi Search & Replace, dan mengisikan “:” sebagai karakter yang akan dicari, dan mengisikan ” -” sebagai karakter pengganti.

Rename Multiple Files_007

Setelah saya menekan tombol Rename Files, maka aplikasi ini akan segera bekerja melakukan penggantian nama file-file yang terpilih.

Mudah sekali melakukan penggantian nama secara massal di lingkungan desktop XFCE. Semoga tips ini bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar