Tema Gelap

Akhir-akhir ini saya mulai suka tampilan tema gelap (dark mode). Hingga semua tampilan aplikasi di gadget saya usahakan untuk bisa menjadi gelap.

Di laptop pun saya setel tampilannya supaya gelap. Bahkan tampilan semua halaman web saat browsing di Firefox juga saya usahakan untuk bisa menjadi gelap, dengan menggunakan ekstensi Dark Reader.

Desktop XFCE saya menggunakan tema Adwaita-dark, dengan ikon Papirus-dark. Tema hitam dengan sorot biru-nya ternyata sangat nyaman di mata.

Tampilan Youtube di TV — menggunakan Raspberry Pi — pun juga saya setel supaya menjadi gelap. Khusus untuk Youtube di TV ini saya bahkan membuat tema sendiri di ekstensi Stylish: Youtube on TV.

Smartphone saya yang menggunakan Android One, awalnya tidak mendukung tema gelap. Saya hanya bisa mengaktifkannya melalui menu Opsi Developer, itu pun hanya sebagian tampilan saja yang bisa berganti ke tema gelap. Untuk menu Pengaturan dan menu-menu yang lain masih menggunakan tema cerah.

Namun beberapa hari yang lalu smartphone saya mendapatkan pembaruan OTA ke Android 10, dan setelah pembaruan selesai, langsung muncul opsi tema gelap di menu Pengaturan Tampilan. Syukur alhamdulillah, fitur ini muncul di saat saya sedang membutuhkan. Dan bonusnya lagi, karena sistemnya sudah Android 10, maka di aplikasi GMail juga muncul opsi untuk mengaktifkan tema gelap. Opsi ini tidak tersedia untuk versi Android di bawah 10.

Tinggal MiPad saya yang masih belum bisa menggunakan tema gelap secara total, karena masih menggunakan Android 8.1.0. Saya hanya bisa mengaktifkan fiturnya di Opsi Developer, dan hasilnya hanya sebagian saja yang berganti ke tema gelap.

Mungkin sudah saatnya ngoprek MiPad nih 🤭